Standar Ukuran ID Card yang Benar dan Sesuai Kebutuhan

Gambar
  sumber pict. www.freepik.com Ukuran standar ID card ada banyak jenisnya. Kamu bisa menentukan berapa ukuran ID card, sesuai dengan kebutuhan. Identity card atau ID card adalah kartu identitas seseorang. Menurut Kamus Merriam Webster, pengertian ID card adalah kartu yang memuat data pengenal tentang individu, seperti nama, usia maupun keanggotaan organisasi). Umumnya, fungsi ID card adalah sebagai tanda pengenal seseorang yang dipakai di tempat atau acara tertentu. Di Indonesia sendiri, ID card sebagai tanda pengenal menjadi kebutuhan utama bagi banyak institusi, perusahaan atau perkantoran, universitas maupun sekolah. Misalnya, ID card untuk karyawan di perusahaan, event atau tempat lainnya yang membutuhkan tanda pengenal untuk akses keamanan. Berapa ukuran ID card? Simak penjelasannya di bawah ini. Ukuran ID Card dan Jenisnya Ukuran ID card digunakan disesuaikan berdasarkan kebutuhan maupun tempatnya. Oleh sebab itu, ada banyak jenis id card. Adapun beberapa jenis ID card antara lai

Mengenal OpenGL

 

Apa itu OpenGL dan Fungsinya

Kalau Anda suka bermain game, pasti sering mendengar istilah OpenGL.

Istilah ini umumnya muncul pada requirements spesifikasi game. Selain game, istilah ini juga kadang bisa ditemui di aplikasi tertentu. Misalnya Ilustrator dan AutoCAD.

Nah, lalu apa sih yang dimaksud dengan OpenGL? Berikut akan saya jelaskan secara ringkas.

Isi Tulisan

Mengenal Apa itu OpenGL

Sebelum lanjut, Anda harus tahu dulu istilah API. API adalah singkatan dari application programming interface. Salah satu fungsinya yaitu untuk menghubungkan kerja aplikasi dengan sistem.

Misalnya untuk membuka game, maka untuk menjalankan gambar, dibutuhkan API. Nah, OpenGL ini termasuk dari API.

OpenGL (Open Graphics Library) adalah API yang difokuskan pada sisi grafis. Adanya OpenGL ini memungkinkan komputer Anda bisa menjalankan aplikasi dengan grafis 2D atau 3D.

Karena fokus pada sisi grafis, OpenGL mampu menampilkan 3D scene yang sangat baik di komputer.

Maka dari itu, OpenGL sering dipakai di CAD, untuk membuat visualisasi informasi, virtual reality dan game (seperti Unity).

Contoh Perangkat yang Mendukung OpenGL

OpenGL biasanya sudah didukung secara built-in dari komponen VGA atau chipset. Seperti VGA AMD, NVIDIA serta SoC HP.

Selain itu, OpenGL juga bersifat multi-platform (bisa dipakai di banyak sistem operasi). Mulai dari Windows, MacOS, FreeBSD, dan lainnya.

Beberapa contoh OS populernya seperti:

1. Windows

Windows menyediakan API OpenGL yang akan secara otomatis aktif jika komponen dari komputernya mendukung.

OpenGL di Windows berganti-ganti dengan DirectX menyesuaikan dengan kebutuhan.

2. Android

Android sejak lama sudah mendukung OpenGL sebagai API grafisnya. Terutama untuk game, yang sebagian besarnya (di Playstore) kebanyakan memakai OpenGL.

Ini didukung juga dengan SoC sekarang yang mendukung OpenGL.

3. Konsol

Sebagian konsol sekarang mendukung beberapa API seperti DirectX (Xbox), Vulkan, dan OpenGL adalah salah satunya.

Meski demikian kebanyakan OpenGL ini hanya ditemukan di konsol keluaran lama.

4. Emulator

Bukan hanya perangkat atau sistem, emulator juga rata-rata mendukung OpenGL sebagai API grafisnya. PPSSPP atau emulator Android misalnya.

Perbedaan OpenGL dan DirectX

Kalau membicarakan OpenGL maka biasanya tidak lepas juga dari DirectX. DirectX juga termasuk API, yang kadang ada sebagian orang belum tahu apa bedanya.

Berikut beda OpenGL dan DirectX:

1. Pengembang OpenGL dan DirectX Berbeda

OpenGL dan DirectX dikembangkan oleh perusahaan yang berbeda. DirectX dikembangkan oleh Microsoft. Pertama kali dirilis stabil pada tahun 2006.

Sedangkan OpenGL dikelola oleh Khronos, bersifat open source. API ini dikenalkan pada tahun 1992 silam.

2. OpenGL Dikhususkan untuk Render Grafis

OpenGL didesain sebagai API dari sisi grafis saja. Misalnya untuk aktivitas rendering dan sejenisnya.

DirectX juga demikian. Hanya saja DirectX mendukung fitur-fitur lain, seperti suara, teks, hingga API jaringan.

3. DirectX Lebih Dikhususkan untuk Windows

DirectX hanya bisa dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows saja. Kecuali di konsol Xbox (itupun masih keluaran Microsoft).

Selain itu terkadang dibutuhkan driver khusus pada beberapa hardware tertentu agar DirectX bisa berjalan.

Sedangkan OpenGL bisa berjalan di banyak sistem operasi. Mulai dari Windows, MacOS, Symbian, FreeBSD dan lainnya seperti Android.

Pilih OpenGL atau DirectX?

Kalau bicara pengaturan, untuk beberapa sistem OpenGL dan DirectX kadang bisa diganti di aplikasi tertentu. Pertanyaannya pilih yang mana?

Nah, untuk jawabannya di sini silakan sesuaikan saja. Alasannya karena pengalaman saya setiap aplikasi punya optimalisasi yang berbeda-beda antara OpenGL dan DirectX.

Sehingga performanya bisa berbeda-beda juga.

Akhir Kata

Istilah OpenGL sering ditemui. Tapi belum banyak orang yang tahu artinya. Untuk itu pembahasan ini diharapkan bisa menambah wawasan Anda terkait OpenGL.

Ada yang mau ditanya? Silakan tulis saja ya langsung di kolom komentar. Sudah tersedia di bawah.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar Ukuran ID Card yang Benar dan Sesuai Kebutuhan